Minggu, 16 September 2012

DEFINISI PERPUSTAKAAN


DEFINISI PERPUSTAKAAN

1.     Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca, bukan untuk dijual. (Sulistyo, Basuki 1991)

2.     Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang di atur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.(Sugiyanto).

MATRIK

Ruangan
Buku
Susunan tertentu
Pembaca
Unit Kerja
Sistematis
Sumber informasi
Unit Kerja
Ruangan
Buku
Sistematis
Sumber informasi


Oleh : Arman Ferry Prayoga

Kamis, 06 September 2012

Komunikasi

azas azas ilmu komunikasi

Pada dasarnya ruang lingkup atau batasan ilmu komunikasi sangat luas sekali, karena mempelajari berbagai hal, seperti komunikasi bisnis, komunikasi antarpribadi, komunikasi gambar dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai ruang lingkup komunikasi dapat diuraikan sebagai berikut : (1) Bidang Komunikasi : (a). Komunikasi Sosial (social communication), b)Komunikasi Organisasi/Manajemen(organization/managemen communication) (c). Komunikasi Bisnis (business communication), (d).Komunikasi Politik (political communication), (e). Komunikasi Internasional (international communication), (f). Komunikasi Antar budaya (intercultural communication), (g).Komunikasi Pembangunan (development communication), (h). Komunikasi Tradisional (traditional communication)(2)Sifat Komunikasi. (a). Komunikasi Verbal (verbal communication) ::1).Komunikasi Lisan (oral communication), 20.Komunikasi Tulisan (written communication) (b). Komunikasi Nirverbal (nonverbal communication) : 1)Komunikasi Kial (gestural/body communication)
2)Komunikasi gambar (pictorial communication), 3).Lain-lain (c). Komunikasi Tatap Muka (face-to-face-communication) (d).Komunikasi Bermedia (mediated communication), (3). Tatanan Komunikasi : (a) Komunikasi Pribadi (personal Communication) : 1)Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication), 2)Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication) (b)Komunikasi Kelompok (group communication) : 1) Komunikasi Kelompok Kecil (small group communication) : a). Ceramah, b) Forum, c). Simposium (symposium) d).Diskusi panel (panel discussion), e). Seminar, f) Curah saran (brainstorming), g).Lain-lain, 2)Komunikasi Kelompok Besar(Large group communication/public
speaking) (c). Komunikasi Massa (mass communication) : 1)Komunikasi Media Massa Cetak (printed mass media communication) : a) Surat kabar (daily), b) Majalah (magazine), 2)Komunikasi Media Massa Elektronik (electronic mass media communication) : a)Radio b)Televisi c)Film d)Lain-lain (d).Komunikasi Medio (medio communication) : 1) Surat 2).Telepon, 3)Pamflet, 4)Poster 5)Spanduk 6).Lain-lain media yang tidak termasuk media massa (4)Tujuan Komunikasi : (a). Mengubah sikap (to change the attitude), (b) Mengubah opini/pandangan/pendapat (to change the opinion), (c) Mengubah Perilaku (to change the behaviour), (d).Mengubah masyarakat (to change the society)
PSIKOLOGI KOMUNIKASI ± 01 RUANG LINGKUP KOMUNIKASI / Hal. 2
Peristiwa komunikasi
terjadi di mana-mana
Komunikasi Antar Manusia
- komunikasi yang dilakukan oleh
manusia yang satu dengan manusia
lainnya yang menjadi kajian ilmu
sosial / kemasyarakatan
- komunikasi yang menggambarkan
bagaimana seseorang
menyampaikan sesuatu lewat bahasa
/ simbol kepada orang lain
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
Asal kata bahasa Latin:
-Communis: membangun / membuat
kebersamaan 2 orang / lebih
-Communico: membagi
Harlod D. Lasswell:
cara yang tepat untuk menerangkan
suatu tindakan komunikasi adalah
dengan menjawab pertanyaan:
- siapa yang menyampaikan,
- apa yang disampaikan,
- melalui saluran apa,
- kepada siapa, dan
- bagaimana pengaruhnya
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
Everett M. Rogers:
komunikasi adalah proses di mana dua orang atau lebih membentuk
atau melakukan pertukaran informasi satu sama lain, yang pada
gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
Shannon & Weaver:
komunikasi adalah bentuk
interaksi manusia yang
saling mempengaruhi
satu sama lain, sengaja
atau tidak disengaja.
1.3 PRINSIP KOMUNIKASI
‡ Komunikasi hanya bisa terjadi bila
terdapat pertukaran pengalaman yang sama antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
melebar menuju terbentuknya lingkaran
yang sama, makin besar kemungkinan
terciptanya komunikasi yang efektif
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
mengecil menjauhi kedua lingkaran,
kemungkinan terciptanya komunikasi
efektif makin kecil
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
EFEK
MEDIA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
LINGKUNGAN
Hasil penggunaan indera
dalam aktivitas audiovisual:
‡ 15%: mendengarkan
‡ 55%: melihat
‡ 90%: menggunakan telinga,
mata, mulut, tangan
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
FoR
FoE
FoR
FOE= Field of Experience = Latar Belakang Sosial
FOR= Frame of Reference = Kerangka Berpikir
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
Sumber / Source / Sender /Encoder
Communicator
Pembuat / pengirim informasi
Pesan / message / content / information
Sesuatu yang disampaikan oleh pengirim
kepada penerima, baik secara langsung
maupun melalui perantaraan media
Media
Alat yang digunakan untuk memindahkan
pesan dari sumber kepada penerima: media
intrapersonal, interpersonal, massa, sosia
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
Penerima / audience / receiver
Communicant
Pihak yang menerima sasaran pesan yang
dikirim oleh sumber
Prinsip dasar dalam komunikasi:
mengenali khalayak sasaran
Pengaruh / efek
- perbedaan yang terjadi antara apa yang
dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh
penerima sebelum dan sesudah menerima
pesan
- perubahan pada pengetahuan, sikap &
tindakan seseorang sebagai akibat
penerimaan pesan

Selasa, 04 September 2012

Pengantar Ilmu Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat terkumpulnya bahan pustaka baik tercetak maupun terekam yang dikelola secara teratur dan sistematis, disamping itu perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil bidaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan bangsa dan menunjang pelaksanan pembangunan nasional. Hal ini tertuangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 45 (ayat 1) yang menyebutkan bahwa Setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan saraana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi pisik, kecerdasan intelektual, soosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Sarana yang dimaksud meliputi perpustakaan, laboratorium,dan sarana lain untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar,berdasarkan hal tersebut, guna memberikan layanan secara merata kepada masyarakat untuk memanfaatkan perpustakan sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang berhasil guna dan berdaya guna.
Perpustakan harus mempunyai daya tarik baik lokasinya, koleksi dan tega yang profesional. Perpustakaan secara umum adalah institusi mengumpulkan bahan pustaka dan pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara professional dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian , informasi dan rekreasi para pemustaka atau tempat mengumpulkan bahan pustaka baik tercetak maupun terekam yang dikelola secara teratur dan sistematis untuk didayagunakan oleh Pemustaka.sedangkan yang dimaksud Perpustakaan Sekolah adalah suatu unit kerja yang berada pada lembaga pendidikan sekolah, yang merupakan bagian integral dari sekolah dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah.
Perpustakaan menyediakan tempat atau ruang serta sarana untuk kegiatan belajar masyarakat dan pengguna perpustakaan yang tenang, nyaman, sehingga pengguna betah belajar di perpustakaan. Dengan demikian dapat mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca pada masyarakat pengguna perpustakaan maupun masyarakat luas pada umumnya.
Perpustakaan membantu masyarakat pengguna untuk mengembangkan bakat, ketrampilan, minat dan kegemaran serta membiasakan masyarakat untuk mencari informasi yang diperlukan. Di perpustakaan Penyediaan koleksi hendaknya merupakan dimana masyarakat memperoleh rekreasi yang sehat dan menyenangkan serta mendidik . Disamping itu perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, membantu dalam penelitian dan memberikan informasi yang dibutuhkan serta tempat rekreasi yang sehat bagi pemustaka. Perpustakaan juga berfungsi melestarikan hasil karya bangsa. Perpustakaan juga bertugas untuk membantu pemustaka dalam mengembangkan minat, bakat,kegemaran, kemampuan, serta kebiasaan membaca menuju kebiasaan mandiri.
Adapun jenis-jenis perpustakaan yang ada di Indonesia Yaitu :
  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di ibukota Indonesia, memiliki koleksi nasional dan internasional serta melayani masyarakat Indonesia maupun masyarakat Dunia. Adapun pengolahan bahan pustaka secara baku dan sistematis sehingga memudahkan pemustaka menemukan informasi yang diperlukan.
  2. Perpustakaan Daerah yang berada di Propinsi, menyediakan koleksi terutama untuk keperluan masyarakat tingkat propinsi dan masyarakat sekitar dimana perpustakaan berada. Jenis koleksinya yaitu semua jenis ilmu pengetahuan, fiksi dan koleksi tentang Proinsi dan diterbitkan di Propinsi. Adapun pemustakanya semua lapisan masyarakat seperti Mahasiswa, Pelajar, Pegawai dan masyarakat Umum. Disamping itu Perpustakaan melayani masyarakat yang sulit atau tidak bisa datang keperpustakaan, seperti dilembaga pemasyarakatan baik wanita maupun pria, Panti jumpo, panti asuhan, pondok pesantren dll. Dengan demikian dapat dilayani menggunakan mobil perpustakaan keliling.
  3. Perpustakaan Khusus yang berada di Instansi dan melayani masyarakat intansi tersebut, koleksi yang disediakan untuk membantu kelancaran melaksanakan tugas-tugas intansi, dan menambah pengetahuan dan ketrampilan pegawai atau karyawan –karyawannya, diharapkan dalam melaksanakan tugas selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  4. Perpustakaan Perguruan Tinggi yang berada di Universitas, dalam menyediakan koleksi hendaknya sesuai dengan dimana Perguruan Tinggi mempunyai jenis Fakultas maupun jurusannya, sehingga dapat melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan baik.
  5. Perpustakaan sekolah yang berada di sekolah Negeri maupun swasta. Ruang atau gedung perpustakaan berada di tempat yang setrategis mudah diketahui dan didatangi masyarakat sekolah. Penyediaan koleksinya yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar siswa dan guru, menambah wawasan, meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta tempat rekreasi yang sehat. Masyarakat sekolah atara lain, Siswa, Guru, Karyawan dan Orang tua murid.
  6. Perpustakaan Umum Kab/Kota yang berada di Kabupaten/ Kota, Perpustakaan yang sifatnya umum diharapkan dapat melayani masyarakat umum disekitar dimana perpustakaan berada dan Perpustakaan Keliling untuk melayani dimana masyarakat sulit atau tidak bisa datang ke perpustakaan. Dalam pengadaan koleksi disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna atau pemustaka. Dimungkinkan Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota satu dengan yang lain koleksinya berbeda.
  7. Perpustakaan Desa yang berada di Desa yang sifatnya umum dan menyediakan bahan pustaka sesuai dengan masyarakat desa tersebut guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, keahlian sehingga dapat meningkatkan tarap hidup atau meningkatkan penghasilan.
  8. Perpustakaan Mobil Keliling merupakan tangan panjang dari Perpustakaan Daerah maupun Perpustakaan Umum. Perpustakaan Mobil keliling, Sepeda motor keliling dan sepeda keliling diperuntukan untuk melayani masyarakat yang tidak bisa datang ke perpustakaan atau jauh dari dimana perpustakaan berada. Adapun kolesinya semua jenis ilmu pengetahuan dan fiksi dan diutamakan koleksi yang sesuai kebutuhan masyarakat desa tersebut.
  9. Perpustakaan Rumah Ibadah yang berada di Rumah Ibadah. Melayani masyarakat rumah ibadah baik Islam, Hindu, Kristen, Bhuda dan lain-lain, adapun koleksinya disesuaikan dengan masyarakat pengguna. Koleksinya diutamakan untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meningkatkan pengetahuan.

EN.LIBRARY

Library

From Wikipedia, the free encyclopedia
Jump to: navigation, search
The Vatican Apostolic Library in Rome, one of the oldest libraries in the world, contains one of the most significant collections of historical texts[1]
A library (from French "librairie"; Latin "liber" = book) is an organized collection of resources made accessible to a defined community for reference or borrowing. It provides physical or digital access to material, and may be a physical building or room, or a virtual space, or both.[2] A library's collection can include books, periodicals, newspapers, manuscripts, films, maps, prints, documents, microform, CDs, cassettes, videotapes, DVDs, video games, e-books, audiobooks and other formats. Libraries range in size from a few shelves of books to several million items. In Latin and Greek the idea of bookcase is represented by Bibliotheca and Bibliothēkē (Greek: βιβλιοθήκη): derivatives of these mean library in many modern languages, e.g. French bibliothèque.
The first libraries consisted of archives of the earliest form of writing—the clay tablets in cuneiform script discovered in Sumer, some dating back to 2600 BC. These written archives mark the end of prehistory and the start of history. The earliest discovered private archives were kept at Ugarit. There is also evidence of libraries at Nippur about 1900 BC and at Nineveh about 700 BC showing a library classification system. Private or personal libraries made up of written books (as opposed to the state or institutional records kept in archives) appeared in classical Greece in the 5th century BC. In the 6th century, at the very close of the Classical period, the great libraries of the Mediterranean world remained those of Constantinople and Alexandria. From the 15th century in central and northern Italy, libraries of humanists and their enlightened patrons provided a nucleus around which an "academy" of scholars congregated in each Italian city of consequence. Tianyi Chamber, founded in 1561 by Fan Qin during the Ming Dynasty, is the oldest existing library in China. In its heyday it boasted a collection of 70,000 volume of antique books. The first library classification system was set up during the Han Dynasty. In North America, it is believed that personal collections of books were brought over to the continent by French settlers in the 16th century. The oldest non-personal library on the North American continent was founded at The Jesuit College in Quebec City in 1635. The first textbook on library science was published 1808 by Martin Schrettinger.[3]
A library is organized for use and maintained by a public body, an institution, a corporation, or a private individual. Public and institutional collections and services may be intended for use by people who choose not to — or cannot afford to — purchase an extensive collection themselves, who need material no individual can reasonably be expected to have, or who require professional assistance with their research. In addition to providing materials, libraries also provide the services of librarians who are experts at finding and organizing information and at interpreting information needs. Libraries often provide quiet areas for studying, and they also often offer common areas to facilitate group study and collaboration. Libraries often provide public facilities for access to their electronic resources and the Internet. Modern libraries are increasingly being redefined as places to get unrestricted access to information in many formats and from many sources. They are extending services beyond the physical walls of a building, by providing material accessible by electronic means, and by providing the assistance of librarians in navigating and analyzing very large amounts of information with a variety of digital tools.