Google+ Badge

Kamis, 06 September 2012

Komunikasi

azas azas ilmu komunikasi

Pada dasarnya ruang lingkup atau batasan ilmu komunikasi sangat luas sekali, karena mempelajari berbagai hal, seperti komunikasi bisnis, komunikasi antarpribadi, komunikasi gambar dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai ruang lingkup komunikasi dapat diuraikan sebagai berikut : (1) Bidang Komunikasi : (a). Komunikasi Sosial (social communication), b)Komunikasi Organisasi/Manajemen(organization/managemen communication) (c). Komunikasi Bisnis (business communication), (d).Komunikasi Politik (political communication), (e). Komunikasi Internasional (international communication), (f). Komunikasi Antar budaya (intercultural communication), (g).Komunikasi Pembangunan (development communication), (h). Komunikasi Tradisional (traditional communication)(2)Sifat Komunikasi. (a). Komunikasi Verbal (verbal communication) ::1).Komunikasi Lisan (oral communication), 20.Komunikasi Tulisan (written communication) (b). Komunikasi Nirverbal (nonverbal communication) : 1)Komunikasi Kial (gestural/body communication)
2)Komunikasi gambar (pictorial communication), 3).Lain-lain (c). Komunikasi Tatap Muka (face-to-face-communication) (d).Komunikasi Bermedia (mediated communication), (3). Tatanan Komunikasi : (a) Komunikasi Pribadi (personal Communication) : 1)Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication), 2)Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication) (b)Komunikasi Kelompok (group communication) : 1) Komunikasi Kelompok Kecil (small group communication) : a). Ceramah, b) Forum, c). Simposium (symposium) d).Diskusi panel (panel discussion), e). Seminar, f) Curah saran (brainstorming), g).Lain-lain, 2)Komunikasi Kelompok Besar(Large group communication/public
speaking) (c). Komunikasi Massa (mass communication) : 1)Komunikasi Media Massa Cetak (printed mass media communication) : a) Surat kabar (daily), b) Majalah (magazine), 2)Komunikasi Media Massa Elektronik (electronic mass media communication) : a)Radio b)Televisi c)Film d)Lain-lain (d).Komunikasi Medio (medio communication) : 1) Surat 2).Telepon, 3)Pamflet, 4)Poster 5)Spanduk 6).Lain-lain media yang tidak termasuk media massa (4)Tujuan Komunikasi : (a). Mengubah sikap (to change the attitude), (b) Mengubah opini/pandangan/pendapat (to change the opinion), (c) Mengubah Perilaku (to change the behaviour), (d).Mengubah masyarakat (to change the society)
PSIKOLOGI KOMUNIKASI ± 01 RUANG LINGKUP KOMUNIKASI / Hal. 2
Peristiwa komunikasi
terjadi di mana-mana
Komunikasi Antar Manusia
- komunikasi yang dilakukan oleh
manusia yang satu dengan manusia
lainnya yang menjadi kajian ilmu
sosial / kemasyarakatan
- komunikasi yang menggambarkan
bagaimana seseorang
menyampaikan sesuatu lewat bahasa
/ simbol kepada orang lain
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
Asal kata bahasa Latin:
-Communis: membangun / membuat
kebersamaan 2 orang / lebih
-Communico: membagi
Harlod D. Lasswell:
cara yang tepat untuk menerangkan
suatu tindakan komunikasi adalah
dengan menjawab pertanyaan:
- siapa yang menyampaikan,
- apa yang disampaikan,
- melalui saluran apa,
- kepada siapa, dan
- bagaimana pengaruhnya
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
Everett M. Rogers:
komunikasi adalah proses di mana dua orang atau lebih membentuk
atau melakukan pertukaran informasi satu sama lain, yang pada
gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
Shannon & Weaver:
komunikasi adalah bentuk
interaksi manusia yang
saling mempengaruhi
satu sama lain, sengaja
atau tidak disengaja.
1.3 PRINSIP KOMUNIKASI
‡ Komunikasi hanya bisa terjadi bila
terdapat pertukaran pengalaman yang sama antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
melebar menuju terbentuknya lingkaran
yang sama, makin besar kemungkinan
terciptanya komunikasi yang efektif
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
mengecil menjauhi kedua lingkaran,
kemungkinan terciptanya komunikasi
efektif makin kecil
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
EFEK
MEDIA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
LINGKUNGAN
Hasil penggunaan indera
dalam aktivitas audiovisual:
‡ 15%: mendengarkan
‡ 55%: melihat
‡ 90%: menggunakan telinga,
mata, mulut, tangan
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
FoR
FoE
FoR
FOE= Field of Experience = Latar Belakang Sosial
FOR= Frame of Reference = Kerangka Berpikir
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
Sumber / Source / Sender /Encoder
Communicator
Pembuat / pengirim informasi
Pesan / message / content / information
Sesuatu yang disampaikan oleh pengirim
kepada penerima, baik secara langsung
maupun melalui perantaraan media
Media
Alat yang digunakan untuk memindahkan
pesan dari sumber kepada penerima: media
intrapersonal, interpersonal, massa, sosia
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
Penerima / audience / receiver
Communicant
Pihak yang menerima sasaran pesan yang
dikirim oleh sumber
Prinsip dasar dalam komunikasi:
mengenali khalayak sasaran
Pengaruh / efek
- perbedaan yang terjadi antara apa yang
dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh
penerima sebelum dan sesudah menerima
pesan
- perubahan pada pengetahuan, sikap &
tindakan seseorang sebagai akibat
penerimaan pesan

1 komentar:

  1. ini blognya kok gak pernah di update gimana ini ? -_-

    BalasHapus