azas azas ilmu komunikasi
Pada
dasarnya ruang lingkup atau batasan ilmu komunikasi sangat luas sekali,
karena mempelajari berbagai hal, seperti komunikasi bisnis, komunikasi
antarpribadi, komunikasi gambar dan lain sebagainya. Untuk lebih
jelasnya mengenai ruang lingkup komunikasi dapat diuraikan sebagai
berikut : (1) Bidang Komunikasi : (a). Komunikasi Sosial (social
communication), b)Komunikasi Organisasi/Manajemen(organization/managemen
communication) (c). Komunikasi Bisnis (business communication),
(d).Komunikasi Politik (political communication), (e). Komunikasi
Internasional (international communication), (f). Komunikasi Antar
budaya (intercultural communication), (g).Komunikasi Pembangunan
(development communication), (h). Komunikasi Tradisional (traditional
communication)(2)Sifat Komunikasi. (a). Komunikasi Verbal (verbal
communication) ::1).Komunikasi Lisan (oral communication), 20.Komunikasi
Tulisan (written communication) (b). Komunikasi Nirverbal (nonverbal
communication) : 1)Komunikasi Kial (gestural/body communication)
2)Komunikasi
gambar (pictorial communication), 3).Lain-lain (c). Komunikasi Tatap
Muka (face-to-face-communication) (d).Komunikasi Bermedia (mediated
communication), (3). Tatanan Komunikasi : (a) Komunikasi Pribadi
(personal Communication) : 1)Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal
communication), 2)Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication)
(b)Komunikasi Kelompok (group communication) : 1) Komunikasi Kelompok
Kecil (small group communication) : a). Ceramah, b) Forum, c). Simposium
(symposium) d).Diskusi panel (panel discussion), e). Seminar, f) Curah
saran (brainstorming), g).Lain-lain, 2)Komunikasi Kelompok Besar(Large
group communication/public
speaking)
(c). Komunikasi Massa (mass communication) : 1)Komunikasi Media Massa
Cetak (printed mass media communication) : a) Surat kabar (daily), b)
Majalah (magazine), 2)Komunikasi Media Massa Elektronik (electronic mass
media communication) : a)Radio b)Televisi c)Film d)Lain-lain
(d).Komunikasi Medio (medio communication) : 1) Surat 2).Telepon,
3)Pamflet, 4)Poster 5)Spanduk 6).Lain-lain media yang tidak termasuk
media massa (4)Tujuan Komunikasi : (a). Mengubah sikap (to change the
attitude), (b) Mengubah opini/pandangan/pendapat (to change the
opinion), (c) Mengubah Perilaku (to change the behaviour), (d).Mengubah
masyarakat (to change the society)
PSIKOLOGI KOMUNIKASI ± 01 RUANG LINGKUP KOMUNIKASI / Hal. 2
Peristiwa komunikasi
terjadi di mana-mana
‡Komunikasi Antar Manusia
- komunikasi yang dilakukan oleh
manusia yang satu dengan manusia
lainnya yang menjadi kajian ilmu
manusia yang satu dengan manusia
lainnya yang menjadi kajian ilmu
sosial / kemasyarakatan
- komunikasi yang menggambarkan
bagaimana seseorang
menyampaikan sesuatu lewat bahasa
/ simbol kepada orang lain
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
‡Asal kata bahasa Latin:
-Communis: membangun / membuat
kebersamaan 2 orang / lebih
-Communico: membagi
‡Harlod D. Lasswell:
cara yang tepat untuk menerangkan
suatu tindakan komunikasi adalah
dengan menjawab pertanyaan:
- siapa yang menyampaikan,
- apa yang disampaikan,
- melalui saluran apa,
- kepada siapa, dan
- bagaimana pengaruhnya
- apa yang disampaikan,
- melalui saluran apa,
- kepada siapa, dan
- bagaimana pengaruhnya
1.2 PENGERTIAN KOMUNIKASI
‡Everett M. Rogers:
komunikasi adalah proses di mana dua orang atau lebih membentuk
atau melakukan pertukaran informasi satu sama lain, yang pada
gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
atau melakukan pertukaran informasi satu sama lain, yang pada
gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
‡Shannon & Weaver:
komunikasi adalah bentuk
interaksi manusia yang
saling mempengaruhi
satu sama lain, sengaja
atau tidak disengaja.
interaksi manusia yang
saling mempengaruhi
satu sama lain, sengaja
atau tidak disengaja.
1.3 PRINSIP KOMUNIKASI
‡ Komunikasi hanya bisa terjadi bila
terdapat pertukaran pengalaman yang sama antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
melebar menuju terbentuknya lingkaran
yang sama, makin besar kemungkinan
terciptanya komunikasi yang efektif
yang sama, makin besar kemungkinan
terciptanya komunikasi yang efektif
‡ Jika daerah tumpang tindih / irisan
mengecil menjauhi kedua lingkaran,
kemungkinan terciptanya komunikasi
efektif makin kecil
mengecil menjauhi kedua lingkaran,
kemungkinan terciptanya komunikasi
efektif makin kecil
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
EFEK
MEDIA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
LINGKUNGAN
Hasil penggunaan indera
dalam aktivitas audiovisual:
‡ 15%: mendengarkan
‡ 55%: melihat
‡ 90%: menggunakan telinga,
‡ 55%: melihat
‡ 90%: menggunakan telinga,
mata, mulut, tangan
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
PENERIMA
PESAN
SUMBER
UMPAN
BALIK
FoR
FoE
FoR
FOE= Field of Experience = Latar Belakang Sosial
FOR= Frame of Reference = Kerangka Berpikir
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
‡Sumber / Source / Sender /Encoder
Communicator
Pembuat / pengirim informasi
‡Pesan / message / content / information
Sesuatu yang disampaikan oleh pengirim
kepada penerima, baik secara langsung
maupun melalui perantaraan media
kepada penerima, baik secara langsung
maupun melalui perantaraan media
‡Media
Alat yang digunakan untuk memindahkan
pesan dari sumber kepada penerima: media
intrapersonal, interpersonal, massa, sosia
pesan dari sumber kepada penerima: media
intrapersonal, interpersonal, massa, sosia
1.4 UNSUR KOMUNIKASI
‡Penerima / audience / receiver
Communicant
Pihak yang menerima sasaran pesan yang
dikirim oleh sumber
Prinsip dasar dalam komunikasi:
mengenali khalayak sasaran
dikirim oleh sumber
Prinsip dasar dalam komunikasi:
mengenali khalayak sasaran
‡Pengaruh / efek
- perbedaan yang terjadi antara apa yang
dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh
penerima sebelum dan sesudah menerima
pesan
- perubahan pada pengetahuan, sikap &tindakan seseorang sebagai akibat
penerimaan pesan
ini blognya kok gak pernah di update gimana ini ? -_-
BalasHapus